Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membahas Materi Struktur Atom Secara Keseluruhan

Walaupun atom sangat kecil, tapi tahukah kamu kalau tubuhmu itu terdiri dari 7 miliar miliar miliar dan tiap tahun kamu menggantinya 98%. Tapi sekarang Apa itu atom?


Pengertian atom

Atom adalah satuan dasar penyusun suatu materi. Partikel penyusun atom adalah proton dan neutron di bagian inti dan awan elektron yang mengelilinginya. Kata atom berasal dari bahasa Yunani yaitu Atomos yang artinya tidak dapat dibagi lagi.

Tapi tahukah kamu, pengertian di atas sudah melalui beberapa kali pergantian dari sekian banyak teori teori atom. Jadi, Bagaimana sejarah atom?


Perkembangan Teori Model Atom

Dulu pada zaman sebelum masehi, para filsuf Yunani berpendapat bahwa ada bagian dari suatu materi yang tidak dapat dibagi lagi. Tapi pendapat mereka kurang di dengar sebab belum adanya bukti atau eksperimen yang dilakukan.


Teori Atom Dalton

Hingga Nama John Dalton pun muncul mengemukakan teorinya. Teori atom Dalton sering dianalogikan sebagai teori bola pejal. Karena model yang dikemukakan oleh John Dalton berbentuk seperti bola pejal. Teori yang ia kemukakan berlandaskan pada hukum kekekalan massa dan hukum susunan tetap. Karena adanya kelemahan dari pendapatnya ini, ilmuwan-ilmuwan lain pun mencoba merumuskan model model atom.

Teori Atom Dalton

Teori atom Thomson

Karena penelitian dari Dalton, Para Ilmuwan mencoba untuk menggali lebih dalam lagi tentang atom. Kelemahan teori Dalton yang tidak dapat menjelaskan adanya listrik kemudian membuat Thomson mencobba menyempurnakan teori dari Dalton. Ia mengemukakan bahwa atom itu adalah bola pejal yang bermuatan positif dengan elektron yang menyebar secara rata pada bola tersebut. Teori atom Thomson sering juga disebut Teori Roti Kismis.

Teori Atom Thomson

Teori atom Rutherford

Teori atom Rutherford bermula dari kelemahan dari teori Thomson yang membuat Rutherford ingin menggali lebih dalam lagi tentang atom. Ia melakukan percobaan dan mendapatkan bahwa elektron mengelilingi inti atom yang bermuatan positif.

Teori Atom Rutherford

Teori atom Bohr

Teori atom Bohr mencoba melengkapi teori Rutherford. Niels Bohr pun kemudian mengemukakan teorinya bahwa elektron yang mengelilingi inti atom mempunyai lintasan dengan tingkatan energi tertentu.

Teori Atom Bohr

Teori atom Modern

Disebut juga teori atom mekanika kuantum. Teori ini didasari oleh Hipotesis De Broglie yang menyatakan bahwa partikel kecil yang berkecepatan tinggi dapat bersifat sebagai gelombang dan Ketidakpastian Heisenberg yang menyatakan bahwa tidak mungkin mengetahui posisi elektron secara tepat dan pasti .

Karena kedua hal ini, Schrodinger kemudian merumuskan peluang adanya elektron dalam awan-awan elektron. Daerah dengan peluang paling tinggi disebut dengan Orbital.

Teori Atom Modern

Lambang atau Notasi Atom

Cara Penulisan lambang atom adalah sebagai berikut.

notasi atom

Biasanya, nomor massa lebih besar dari nomor atom itu sendiri. Sehingga walaupun posisinya diganti, kamu tetap dapat menentukan nomor atom dan nomor massa tersebut.

Tapi tunggu sebentar. Apakah nomor massa tersebut ditulis dengan satuan kilogram? Kilogram (kg) kan satuan internasional.

Tidak. Tidak demikian. Walaupun kilogram satuan internasional, satuan dari nomor massa bukanlah kilogram.

Mengapa demikian?


Massa Atom Relatif

Hal ini karena atom yang massanya sangat kecil tidak dapat diukur. Jadi untuk menentukan massanya, digunakan massa relatif yang satuannya disebut dengan Satuan Massa Atom yang biasa disingkat dengan sma. Bukan berarti sekolah menengah atas loh ya...

Massa 1 sma itu adalah 1/12 dari massa atom Karbon-12. Jika dikonversi ke gram, 1 sma sama dengan 1,66 x 10⁻²⁴ gram.

Ada lagi yang janggal nih. Karbon-12. Emang ada berapa banyak jenis unsur Karbon?


Massa Atom Rata-Rata

Jadi begini. Jika kamu berpikir bahwa nomor massa dari seluruh atom unsur Karbon adalah 12 maka kamu salah. Di alam, Atom Karbon ada yang memiliki massa 12 dan 13. Persentase dari banyaknya Karbon-12 dan Karbon-13 disebut sebagai kelimpahan.

Kalau dilihat dari definisinya, Kelimpahan adalah banyaknya atau persentase yang dijumpai di alam.

Contohnya begini. Di alam, kelimpahan Karbon-12 di bumi sebesar 98,93% sedangkan kelimpahan Karbon-13 sebesar 1,07%. Yang berarti, 98,93% Karbon yang ada di alam ini bermassa 12 sma  dan 1,07% bermassa 13 sma.

Nah, untuk menentukan massa suatu unsur, dicari massa rata-rata nya. Rumus untuk mencari massa rata-rata adalah sebagai berikut.

$\frac{\sum (Kelimpahan) * (Massa \ isotop)} {(Jumlah Isotop)}$

Contohnya kita akan menghitung massa rata-rata dari Karbon.

$\frac{(\frac{98,93}{100} * 12) + (\frac{1,07}{100} * 13)} {2} = 12$

Dari perhitungan tersebut setelah melakukan pembulatan, kita mengetahui bahwa massa rata-rata dari Karbon adalah 12 sma. Sehingga dalam melakukan stoikiometri atau perhitungan dalam kimia, massa Karbon yang dipakai adalah 12. Bukan hanya untuk Karbon, massa rata-rata unsur-unsur lain juga seperti ini perhitungannya.

Tampaknya kita menemukan istilah baru lagi. Isotop. Apa itu?


Isotop Isoton Isobar

Apa itu isotop? Eitss, bukan hanya isotop saja, tapi kamu perlu untuk mengetahui isotop isoton dan isobar

Oke secara definisi isotop adalah atom-atom yang memiliki jumlah proton yang sama. Contohnya seperti Karbon-12 dan karbon-13 tadi. Proton dari kedua atom tersebut adalah sama, namun neutronnya berbeda.

Isoton adalah atom-atom yang memiliki jumlah neutron yang sama. Contoh isoton yaitu 40Ar18 dengan 42Ca20. Karena rumus mencari neutron adalah nomor massa dikurang nomor atom, kita mendapat kedua atom tersebut mempunyai neutron yang sama yaitu 22.

Isobar adalah atom-atom yang memiliki nomor massa yang sama. Contoh isobar yaitu 40S, 40Cl, 40Ar dan 40K. Keempat unsur tersebut memiliki nomor massa yang sama yaitu 40 sma.


Konfigurasi Elektron

Untuk konfigurasi elektron sendiri, ada 2. Yaitu konfigurasi elektron Bohr dan konfigurasi elektron modern atau teori mekanika kuantum

Cukup sekian artikel tentang materi atom yang dapat ditulis pada kesempatan ini. Semoga ini bisa menjadi referensi atau sumber kalian belajar. Terima kasih

Berlangganan via Email