Kenapa Tetapan Satuan Gas Kimia dan Fisika Berbeda?

Ketika Fisika, pada saat kamu belajar tentang Teori Kinetik Gas, mungkin kamu akan belajar hafal rumus PV = nRT. Sebenarnya bukan hanya di Fisika sih

Ketika Fisika, pada saat kamu belajar tentang Teori Kinetik Gas, mungkin kamu akan belajar hafal rumus PV = nRT. Sebenarnya bukan hanya di Fisika sih. Di Kimia pun kamu akan belajar rumus tersebut pada saat belajar Sifat Koligatif Larutan yaitu pada Sifat Tekanan Osmotik.

Walaupun yang dipelajari berbeda, ternyata ada yang berbeda pada saat kamu menggunakan rumus tersebut di 2 mata pelajaran yang berbeda, yaitu Fisika dan Kimia. Apa itu?

Kalau kamu sudah belajar topik ini, kamu pasti sudah tahu jawabannya. Hal yang berbeda adalah Tetapan Gas Ideal(R). Nilai dari R dalam fisika adalah 8.314 sedangkan dalam Kimia nilainya adalah 0.082

Tapi yang jadi fokus permasalahan sekarang adalah, Mengapa bisa berbeda? Bukannya Fisika dan Kimia itu sama-sama pelajaran pasti ya?

Ternyata hal ini disebabkan oleh satuan. Mengapa? kalau kamu mengamati dengan jelas, tetapan gas ideal di Fisika adalah 8.314 Joule/mol K. Kalau joulenya dipecah, satuannya menjadi 8.314 $m^3$ Pa/mol K sedangkan dalam Kimia, nilainya adalah 0.082 L atm/mol K.

Kamu dapat melihat kalau letak perbedaannya itu di penggunaan satuan tekanan. Kalau di Fisika, dipakai ATM karena inilah satuan Tekanan yang SI. Jadi? Bagaimana dengan Kimia?

Kimia tidak menggunakan satuan Tekanan yang SI karena biasanya reaksi kimia itu terjadi di tekanan 1 ATM atau $10^5$ Pa. Sehingga Kimia sering menggunakan tetapan gas ideal adalah 0.082.

Sekarang kamu tahu kan?

About the Author

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada temanmu, supaya mereka tahu kamu itu cergaz

Post a Comment

Ada kesalahan penulisan? Jangan ragu untuk memberikan komentarnya ya
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk mengingat pengaturan Anda dan mengoptimalkan pengalaman Anda dalam belajar.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai belajar lagi.
AdBlock Detected!
Sepertinya Anda menggunakan plugin pemblokiran iklan di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, tolong untuk memasukkan situs web ini ke dalam daftar putih di plugin pemblokiran iklan Anda.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.